Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Kenaikan Dolar Tidak Pengaruhi Harga Tahu Tempe

TVRI Sumatera BaratEkonomi 17 September 2018 JAM 06:08:37 WIB

Harga tahu dan tempe di sejumlah daerah di Indonesia pada umumnya mengalami kenaikan imbas melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika. Namun di Pasar Raya Padang harga tahu dan tempe masih stabil seperti biasanya. Ukuran dari tahu dan tempe tersebut juga tidak berubah atau tidak menjadi lebih kecil dari biasanya seperti daerah lain.

Untuk tahu putih per potongnya masih dijual seribu rupiah dan harga tahu sumedang dijual 10 ribu rupiah per 10 potongnya. Hingga kini pengusaha tahu belum menaikan harga kepada pedagang sehingga pedagang juga masih menjual dengan harga biasa. Begitu juga dengan harga tempa saat ini dengan ukuran kecil masih dijual 200 rupiah dan ukuran besar 6 ribu rupiah per bungkusnya.

Menurut Dayat pedagang tempe di Pasar Raya Padang, biasanya pelemahan nilai tukar rupiah akan langsung berdampak terhadap harga tempe. Namun jika kondisi melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Ameriak ini terus berlanjut tidak tertutup kemungkinan pengusaha tempe akan menaikan harga jual. Selama ini jika terjadi kenaikan harga tahu dan tempe akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika ikut berimbas terhadap daya beli masyarakat. Omset pedagang bisa turun hingga 50 persen. Pedagang berharap pemerintah segera menjalankan perannya untuk mengatasi terjadinya lonjakan harga di kemduian hari.

Wartawan : NOVIKA/ JONI SARTIKA
Editor : Aurelie Moeremans

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat