Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Tuanku Bosa Anugrahi Gala Sangsako

Kontributor DaerahSeni Budaya 24 Juli 2018 JAM 06:47:33 WIB

Tuanku Bosa XIV  menganugrahkan  Gala Sangsako Adat  pada dua warga Malaysia dan 1 orang dari Jambi pada  momentum 11 tahun penobatan Tuanku Bosa ke XIV. Penganugrahan gala  bagi warga keturunan Talu Pasaman Barat dan Pasaman  tersebut berlatarkan  jasa- jasa selama ini telah ikut menjaga adat budaya  serta silaturahmi dengan warga Talu . Penampilan  silek tuo yang dilanjutkan dengan  tari pasambahan menjadi bentuk penghormatan  dari  pihak adat rumah gadang Kabuntaran Talu Koto dalam jorong patamuan Kecamatan Talamau Pasaman  Barat pada 20 an   tamu undangan dari  Malaysia yang datang.

    Kunjungan dari Malaysia dan Jambi ini  dalam rangka  menerima kehormatan mendapat Gala Sangsako dari Tuanku Bosa ke XIV dokter Fadlan Maalip SKP   pada 3 orang yang dianggap berjasa bagi adat  dan silaturahmi  warga Talu di Pasaman Barat dan masyarakat Talu diperantauan. Pemberian Gala Sangsako baru pertama kali di gelar di rumah gadang yang diresmikan tahun 2012 ini . Tajul Hakma bin Tajudin mendapat anugrah Gala Tunaku Manti Dirajo yang menjadi pengurus  perhimpunan urang talu di Malaysia,  Yaumil Akbar pengurus persatuan kampung Jambak di Jambi dan  Brigjen Dato’ Mazlan bin Baharuddin  mendapat Gala Tuanku Pahlawan Diraja .

    Penganugrahan gala adat  di hadiri daulat yang dipertuan Raja Alam Minangkabau Pagaruyuang Darul Quorar  Tuanku Muhammad Farid Thaib, Bundo Kanduang, Bupati Pasaman Barat Syahiran dan lainnya. Sehari sebelum puncak peringatan 11 tahun penobatan,  Tuanku Bosa   juga  meletakan batu pertama pembangunan SPBU niniak mamak koperasi Mataram di Simpang Gonting jalan Simpang Ampek – Talu . SPBU dibangun dengan harapan beroperasi 2019 nanti dan  bisa meringankan beban masyarakat  karna tingginya harga BBM di nagari ini. Keuntungan SPBU akan menjadi milik Koperasi dan digunakan untuk kesejahteraan masyarakat Talu.

 

Wartawan : MAQRI NELVI L/ JONI BAKRI
Editor : it support


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PANDAI BESI BANJIR ORDERAN

31 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

POLSEK LUHAK TANGKAP PELAKU CURANMOR

31 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB