Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Cuaca Tak Menentu Pengaruhi Aktifitas Melaut

TVRI Sumatera BaratKelautan dan Perikanan 24 Mei 2018 JAM 06:27:38 WIB

Kondisi cuaca yang tidak menentu mempengaruhi aktivitas nelayan yang akan melaut. Nelayan terpaksa melaut hanya sekitar pinggiran pantai karna takut  dengan gelombang tinggi. Beberapa hari belakangan, sejumlah nelayan di kawasan pantai Padang terpaksa harus lebih berhati-hati jika hendak melaut, hal ini disebabkan kondisi cuaca yang kerap berubah-ubah, sehingga berpengaruh terhadap keamanan para nelayan saat di laut.

Selain membahayakan gelombang tinggi yang terjadi beberapa hari terakhir  juga  menyulitkan para nelayan untuk menangkap ikan terutama dengan cara mengail. Meski demikian sejumlah nelayan tetap melaut namun hanya berani di sekitar pantai dengan menggunakan pukat, nelayan mulai berangkat pada pukul 5 atau 6 pagi setelah subuh, dan akan kembali pada pukul 10 pagi. Meski demikian para nelayan tetap pulang dengan jaring terisi. Jika nelayan menggunakan alat tangkap seperti rumpon dapat membawa hasil lebih banyak, di banding nelayan yang hanya menggunakan pukat, namun tidak semua nelayan memiliki alat tangkap rumpon.

Hal ini juga di benarkan ketua nelayan Purus. Dari 200 orang nelayan terutama nelayan pukat  tidak semua nelayan berani kelaut karna pengaruh cuaca dan sulitnya memprediksi kondisi cuaca saat ini. Nelayan mengaku belum tau sampai kapan kondisi ini akan berlangsung. Namun jika cuaca masih tak menentu nelayan akan tetap melaut tapi di kawasan yang masih aman dari potensi gelombang tinggi seperti di pinggiran pantai.

Wartawan : SHERLY Z
Editor : it support


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat