Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Permintaan Bibit Ikan Di BBI Meningkat

TVRI Sumatera BaratKelautan dan Perikanan 23 Mei 2018 JAM 06:36:31 WIB

Usai musim panen padi petugas balai benih ikan (BBI) Talamau harus bekerja keras mempersiapan bibit ikan untuk masyarakat sekitar. Sebab pada kondisi ini biasanya permintaan benih ikan dari petani akan meningkat drastis. Pusat balai benih ikan (BBI) Air Tawar kecamatan Talamau, kabupaten Pasaman Barat  harus bekerja keras memenuhi tingginya permintaan bibit ikan setelah masyarakat talu dan sekitarnya selesai masa penen padi. Karena kebiasaan masyarakat setempat mereka akan mengubah sawah mereka menjadi kolam hingga masa turun ke sawah datang kembali

Saat ini terdapat 39 kolam ikan, pembibitan dan penetasan berbagai ukuran di BBI talamau,  semua kolam tersebut akan dioptimalkan saat permintaan masyarakat tinggi, seperti yang terjadi saat selesai musim panen padi ini. Memenuhi semua kebutuhan bibit ikan,  petugas BBI terus melakukan pengembangbiakan indukan yang berjumlah sekitar 500 ekor yang terdiri dari bibit ikan nila ikan tonsen dan ikan mas. Menurut salah seorang petugas BBI Nando saat ini permintaan masyarakat akan bibit ikan mulai meningkat,  biasanya dalam satu kali lima belas hari BBI bisa menghasilkan sekitar 30.000 bibit ikan berbagai jenis namun saat ini diperkirakan jumlah permintaan akan naik drastis.

Sebagian besar masyarakat saat ini, memesan bibit ikan nila dan tonsen, karena dua jenis ikan itu sangat cocok di budidayakan dan dibesarkan di daerah Talu dan sekitarnya. Sehingga pihak BBI, fokus memproduksi dua jenis bibit ikan tersebut. Petugas BBI mengaku, saat permintaan tinggi, masyarakat sekitar harus menunggu atau mendatangkan bibit ikan dari daerah lain, seperti dari Rao dan Lubuk Sikaping. Meski bersifat musiman, hasil pembesaran ikan di daerah Talu itu cukup menjanjikan dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar.

 

Wartawan : ANDIKA
Editor : prihandonodona


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat