Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Kepulauan Mentawai

CUACA EKSTRIM, NELAYAN ENGGAN MELAUT

TVRI Sumatera BaratBencana Alam 09 Maret 2024 JAM 06:00:00 WIB

Guna menghindari terjadinya kecelakaan laut, nelayan di desa Tuapejat kecamatan Sipora Utara memilih untuk tidak pergi melaut selama dua hari terakhir. Akibatnya perahu nelayan hanya bisa parkir di tepi pantai. Meskipun ada nelayan yang melaut, mereka hanya memancing dan menebar jala di sekitar bibir pantai.

 

Salah seorang nelayan di desa Tuapejat - Irfan mengatakan jika memaksakan memasang jaring saat cuaca buruk, nelayan akan kesulitan mengumpulkan tangkapannya karena angin kencang dan arus deras di bawah laut, bahkan dapat berakibat fatal.

 

Diperkirakan, nelayan tidak dapat melaut hingga 4 hari bahkan satu minggu ke depan akibat kondisi cuaca ekstrim. Sementara itu, Irfan yang penghasilan sehari-harinya bertopang pada hasil pancingan, harus bekerja serabutan seperti menjadi kuli bangunan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari jika tidak pergi melaut.

 

Penghasilan dari hasil tangkapan ikan mencapai seratus hingga dua ratus ribu rupiah per harinya. Sementara itu jika bekerja sebagai kuli bangunan ia hanya mendapatkan upah lima puluh ribu rupiah per harinya.

Wartawan : KORNELIA SEPTIN RAHAYU
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat